Jumat, 22 Oktober 2010

Sarapan Pagi Wong Ndeso


Saat mentari baru menyembul di ufuk timur....Karto Bugel tengah asik ongkang-ongkang dilincaknya[tempat duduk mirip dipan].Segelas besar minuman teh pahit dan sepiring mendoan tempe tersanding menanti untuk disikat.Terlihat sangat maaat banget[penuh perasaan] Karto Bugel menikmati pagi.

Istrinya pagi-pagi sekali sudah ngetupluk[jongkok] didepan tungku batu yang ringsek.Kompor gaz yang didapat dari Si BEYE tidak dipakainya.Katanya takut mbledug.Sambil membolak-balik blarak kayu bakar...Mbok Kartiyah membakar sepotong kue ketan jamuran.Sebelumnya ia sudah menyiapkan mendoan tempe yang sudah dihidangkan kesuaminya.

Sepasang suami istri asal desa itu tinggal hanya berdua.anaknya merantau kekota Cirebon.Ikut Mandor Sono bekerja di rel kereta api.

Karto bugel masih saja asik menikmati teh dan mendoannya.Bungkusan tembakau yang lusuh segera ia keluarkan dari saku celananya yang juga lusuh dan baunya....apek.Hanya itulah yang sangat dia nikmati dipagi yang semlikut[sibuk].

Kenikmatan yang sangat sederhana dan menjadi klangenan[kesukaan] si Karto Bugel.Lain dengan orang kebanyakan...yang menginginkan pagi-pagi mesti ada kopi susu,rokok filter,dan roti terang bulan yang gerobaknya berbunyi towet-towet.Atau sarapan dengan roti tawar yang dikasih mentega ataupun selai.

Namun....Karto Bugel sangat bersyukur dengan apa yang ada dihadapannya.Ia tidak pernah mengeluh walau jaman sedang banyak keluhan.Ia mencukupkan dirinya dengan berkaca bahwa semuanya sama saja yakni akan dibuang ke belakang.

Heheheee...sedikit agak jorok.

Baik yang makan burger ataupun yang makan mendoan tempe[malah bongkrek]semuanya juga masuk keliang WC.Malah yang makan sate ataupun steak baunya lebih menohok hidung dibanding yang makan singkong.

Kesederhanaan Karto Bugel dan istrinya patut dilestarikan.Hanya saja jangan melestarikan bau pakaiannya yang apek surapek alias bau tengik.Dan jangan meniru mengisap rokoknya yang ...adukh bau menyannya yang wueeek.

Saya hanya ingin mengajarkan kesederhanaan yang sekarang sudah tidak ada lagi.Semuanya serba glamour walaupun hanya kulitnya saja.Istilahnya hanya cashingnya saja.Buang semua cashing yang anda pakai..supaya anda tidak menjadi munafik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenius itu tidak selalu.......

Saya lirik tentang postingan populer blog ini adalah tentang JENIUS.Pembacanya ternyata banyak dari benua Amerika.....wow. Memang menari...