Jumat, 09 September 2011

Orang Sakit pun jadi lahan bisnis

Di kota saya Purwokerto banyak sekali rumah sakit.
Kayaknya lebih dari sepuluh rumah sakit.Rumah sakit
umum,rumah sakit anak,Ibu,bahkan ada rumah sakit
ortopedi.Dari yang negeri sampai yang berdasar agama.

Dilihat dari segi pembangunan banyaknya gedung rumah
sakit bisa dibilang kemajuan.Tapi saya tidak melihat
dari sisi progresifitas pembangunan fisik seperti itu.
Saya heran kota sekecil itu kok banyak rumah sakitnya.
Apa didaerah saya banyak sekali orang sakit tiap tahun,
atau memang bisnis rumah sakit sangat potensial di
kota kecil ini ?

Saya jadi teringat cerita seorang teman yang bekerja di
sebuah puskesmas.Kebetulan tiap pagi atau sore menjadi
asistensi bidang pendaftaran pada seorang dokter.
Ada sebuah dialog yang saya tangkap sebagai sebuah ironi.
begini dialognya :
Dokter : Berapa pasien kita hari ini ?
Asisten : Ada 30 pasien dok.
Dokter : Alhamdulillah...hari ini naik ya ?
Assiten : iya dok...kemarin 20 pasien.

Waduuuh....mbok ya jangan vulgar begitu.Kok orang sakit
disukuri.Memang rejeki dokter dari orang sakit,tapi kalau
dibicarakan vulgar seperti itu kok terasa ngga punya hati
nurani.Kok orang sakit dijadikan bisnis secara blak-blakan.

Kemudian saya juga teringat cerita yang lain dari teman
yang sama.Yakni cerita bagi-bagi THR sisa hasil usaha
Puskesmas.Lho....kok puskesmas ada sisa hasil usaha ?
Kayak koperasi saja ?

Ternyata SHU itu didapat dari sisa klaim biaya sakit orang
miskin.Jadi besar klaim itu digelembungkan dan tidak sesuai
dengan biaya sebenarnya saat merawat orang miskin.Misalnya
biaya sebenarnya cuma seratus ribu,lalu diklaimkan ke
pemerintah satu juta.Kira-kira begitu cara me-mark up.

Ada dua kesimpulan yang saya ambil.Ternyata orang sakit telah
menjadi lahan bisnis.Terbukti banyak rumah sakit yang berdiri.
Padahal tiap kecamatan sudah ada puskesmas.Semuanya dijejali
dengan pasien.Berarti bisnis jalan terus,bila ada orang sakit.

Yang kedua ,lagi-lagi pikiran saya langsung konek dengan kata
korupsi .Di puskesmas atau bahkan dirumah sakit telah terjadi
korupsi dengan modus menggelembungkan biaya rawat inap orang
miskin.Aduuuh biyuuung....kenapa setiap tempat dipenuhi dengan
korupsi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenius itu tidak selalu.......

Saya lirik tentang postingan populer blog ini adalah tentang JENIUS.Pembacanya ternyata banyak dari benua Amerika.....wow. Memang menari...