Sabtu, 31 Juli 2010

Terbangkan Imajinasimu

Ada pertanyaan begini : bisakah kita melihat sebutir peluru dengan kecepatan menyamai kecepatan suara dengan mata telanjang ?
Bila jawabannya adalah bisa berarti otak kita mampu berimajinasi dengan baik.Sebutir peluru bisa dilihat dengan mata telanjang walaupun kecepatannya mendekati kecepatan suara.Tentu saja dengan cara melihatnya dari tempat yang jauh.Benda yang bergerak sangat cepat bisa dilihat dengan mata bila jaraknya proporsional.Sebab mata akan dapat melihat dengan baik kalau sudut pandangnya mencukupi.
Coba saja melihat pesawat jet yang terbang diudara.
Bila pesawat itu ada didekat mata pasti tidak bisa dilihat dengan jelas.Namun bila jauh dimata akan terlihat jelas.Mata bisa mengikuti pergerakannya.

Pertanyaan berikutnya apakah manusia bisa berlari secepat mobil formula ? tentu saja jawabannya bisa.Caranya dengan sedikit berbohong.Berlarilah didalam kereta yang kecepatannya sama seperti mobil formula.Pengukuran tentu saja dilakukan dari luar kereta.Jawaban berbohong ini untuk menunjukan bahwa otak manusia bisa memanipulasi konsep.Merubah sudut pandang tentang sesuatu.Begitulah cara otak bekerja,mengotak-atik sesuatu dengan kelogisan yang masuk diakal.

Dengan dasar bisa mengotak-atik segala sesuatu termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan aneh,semestinya seseorang bisa melanglang buanakan imajinasinya dengan bebas.Toh pada ahirnya bisa ditemukan jawabannya sendiri.Sejuta pertanyaan yang muncul akan tetap terjawab dengan masuk akal bila seseoranmg menginginkannya.
Tidak ada pertanyaan yang tidak tersedia jawabannya.Saat manusia bertanya sebenarnya sudah ada jawabannya.Kenapa ia bertanya sesuatu, pada dasarnya sudah ada konsep tentang sesuatu itu diotaknya.Pertanyaan dan jawaban ibarat dua sisi dari sekeping mata uang.Pertanyaan tidak bisa ada kalau tidak ada jawabannya.Bila suatu saat muncul pertanyaan pasti sudah ada jawabannya.

Bertanyalah tentang segala sesuatu pada diri sendiri .Bila seseorang sering bertanya akan mendapatkan ilmu pengetahuan.Pertanyaan adalah pintu gerbang bagi seseorang mendapatkan pengetahuan.Paling tidak mendapatkan informasi baru.Bertanyalah tentang apa saja dengan imajinasi yang luas.Disana akan ditemukan sesuatu yang luar biasa.mungkin akan menemukan sebuah ide yang berharga.

Berimajinasilah kemana saja kita mau.Menembus ruang dan waktu.Menjelajah ke tempat yang belum diketahui dan menjelajah waktu yang sudah lewat dan yang akan datang.Bila kita mampu menembus ruang dan waktu dengan imajinasi , kita juga akan mampu memanfaatkannya.Bagaimana menyingkat waktu dan bagaimana mengefektifkan ruang.Berpikirlah tentang penghematan waktu dan pemanfaatan ruang.

Ruang dan waktu adalah media untuk diisi oleh manusia.Waktu adalah jawaban dari semua pertanyaan.Ruang adalah tempat dimana kita menghabiskan waktu.Siapa yang memperhatikan keduannya tidak akan rugi.Semua orang punya waktu dan semua orang menempati ruang.Perbedaannya terletak pada siapa yang mampu memanfaatkannya.Atau mengambil manfaat dari keduannya.

Orang yang memperhatikan waktu akan dapat menciptakan sesuatu,yang memanfaatkan proses waktu.Misalnya melakukan tindakan yang menyingkat waktu.Melakukan tindakan mempercepat gerak sebuah proses.

Benda yang bergerak sangat cepat memiliki energi yang besar.Prinsip ini sama dengan menyingkat waktu.Ambil contoh sebutir peluru yang ditembakan dari senapan.Benda kecil itu mampu menembus baja.Energinya besar sekali ketika digerakkan dengan cepat.Coba sekarang peluru itu dilempar pakai tangan dan di tujukan pada baja,maka tidak akan bisa menembusnya.

Dalam Fisika kinetik ada hukum momentum:Hasil kali antara massa dengan waktu.
Momentum adalah tindakan suatu benda(gerak suatu benda) yang menemui benda lain.momentum menghasilkan peristiwa baru yang berupa reaksi energi .Peristiwa peluru yang ditembakan itu ujud dari fenomena sebuah momentum.

Bukan hanya peluru saja yang mampu menghasilkan energi besar bila digerakkan dengan kecepatan besar.Selembar kertas bila digerakan dengan kecepatan memadai mampu melukai kulit kita.Tidak percaya, silahkan mencoba menampar muka seseorang dengan kertas.
Pastilah akan terasa perih.Rahasiannya ada pada kecepatan kertas tersebut.
Termasuk manusia sendiri bila mengadopsi hukum momentum ini, juga akan menghasilkan energi luar biasa.Bila potensi yang ada pada manusia diperlakukan dengan akselerasi gerak,hasilnya bisa menakjubkan.Baik potensi fisik maupun potensi otaknya.Kita akan melihat bagaimana bila seseorang yang melatih fisiknya untuk olah raga mampu menghasilkan prestasi luar biasa.
Tidak usah menghitung berapa kemampuan atau massa sebuah benda.Termasuk jangan menghitung berapa kemampuan otak kita.Bila dilakukan dengan tindakan yang melebihi orang lain maka hasilnya seperti selembar kertas yang mampu melukai kulit.Bendaanya ringan namun bisa menghasilkan kekuatan besar.

Ada kejadian menarik saat sebuah kaca mobil yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi tiba-tiba pecah karena menabrak seekor burung pipit.Kalau bukan karena kecepatan apalagi yang menyebabkan itu terjadi.Ada juga pesawat terbang yang mesinnya mati karena ada burung yang masuk ke dalam turbonya.Benda yang ringan dan kecil mampu menghasilkan energi besar bila bergerak sangat cepat.

Temukanlah hukum percepatan pada benda apa saja ,disana bakal ditemukan hal luar biasa yang bisa bermanfaat.Atasilah ruang dan waktu.Kecepatan bergerak suatu karena mengatasi waktu.Yakni mempercepat waktu.Peluru yang cepat bukankah sedang mempercepat waktu.Kalau dilempar dengan tangan kira-kira bergerak dengan kecepatan 1 meter perdetik.Sedang bila ditembakkan kecepatannya mencapai 100 meter perdetik atau lebih,misalnya.Kuncinya efektif dan efisien.

Disamping mempercepat waktu,mengefektifkan ruang juga akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan.Termasuk dalam pengertian mengefektifkan ruang adalah dengan cara memperkecil benda tapi fungsinya berlipat ganda.Contoh yang paling gampang adalah produk telepon seluler.Makin lama makin kecil bentuknya dan fungsinya makin banyak.Sekarang jamannya membuat barang kecil yang multiguna.

Contohnya tehnologi pembuatan chip yang menandakan betapa gandrungnya orang dengan barang-barang kecil.Chip komputer adalah benda yang besarnya hanya sebesar kuku kita, mampu mengolah data yang begitu banyak.Sekarang ini chip bisa dikatakan setara dengan 500 juta transistor.Kira-kira ada sambungan kabel sebanyak 1,5 milyar jalur.Semakin kesini sebuah chip semakin besar kapasitas menampung sambungannya.Makin padat jumlah transistor yang bisa ditampungnya.

Bila dihitung dengan otak awam, dari sebuah chip bisa dihasilkan kombinasi sambungan kira-kira 10 pangkat 17.Berapa kode yang dihasilkan dari jumlah kombinasi sambungan sebanyak itu.Padahal itu belum seberapa.Katanya akan ditemukan chip dengan dasar memori atom.Chip yang ukurannya 1cm persegi bisa menampung data memori mencapai 10 pangkat 24.Kecil bendanya luar biasa kemampuannya.

Sekarang ilmuwan memang sedang gandrung dengan teknologi mengecilkan benda-benda.Dengan dasar teknologi nano mereka membuat segala sesuatu dengan ukuran material kecil.Bayangkan dimasa depan akan ada robot yang mampu masuk kedalam pembuluh darah manusia.Mengobati penyakit jantung dengan mengirimkan robot.Mampu mengambil sel kanker dan dibawanya keluar,sehingga penyakit kanker bisa diobati tanpa intervensi bahan kimia.
Dimasa depan kita tidak lagi menemukan benda dengan ukuran seperti sekarang ini.Benda dibuat dengan ukuran yang memungkinkan untuk dibawa kemana-mana tanpa menyusahkan.Bahkan mobil bisa dilipat seperti kopor dan diparkir dibawah kolong tempat tidur.Rumah bisa dipindah-pindah layaknya potongan lego.dimasukkan ke begasi dan pindah tempat.Bahan makanan bisa dari apa saja yang ada disekitar rumah,karena telah dimungkinkan membuat zat makanan dengan teknologi rekayasa molekuler.

Impian orang agar awet muda bisa terwujud dengan ditemukannya teknologi menyisipkakan protein kedalam sel.Sehingga sel yang berkurang akibat tambah umur tidak pernah terjadi.Tidak ada manusia dengan kulit keriput.Tidak adalagi tulang keropos.Bongkar pasang organ tidak perlu operasi plastik lagi,karena ditemukan penyisipan protein.

Berawal dari impian dan imajinasi dalam otak manusia,terciptalah berbagai kemajuan yang menakjubkan.Dengan memaksimalkan kerja otak kanan, manusia mampu membuat mimpi jadi kenyataan.Mengaktualisasikan semua mimpi yang terbesit dalam otak adalah kegiatan manusia dimasa depan.Semua impian akan diwujudkan bagaimanapun caranya.Bahkan impian ingin membaca pikiran orang lain pun telah diketemukan alatnya.Di Jepang telah ditemukan alat yang dapat membaca pikiran manusia.Selanjutnya akan ditemukan alat pembaca isi hati.Bayangkan dimasa depan tidak ada orang yang bisa bohong.

Bayangkan betapa banyaknya impian yang datang setiap detik yang menghinggapi manusia.Kemampuan menyerap informasi saja kurang lebih 800 000 informasi setiap hari.Bila informasi itu menjadi bahan impian,maka terbentuklah impian yang begitu banyak.Satu persen saja dari informasi yang masuk ke otak bisa dijadikan ide,jumlahnya kira-kira sebanyak 8000 jenis ide.Namun karena terlalu banyaknya informasi membuat manusia malas untuk mengolahnya menjadi ide.Apa yang terlintas dianggap angin lalu.

Otak manusia bila digunakan untuk mengacak data mempunyai kemampuan sekitar 30 juta per detik.Informasi itu diproses dengan cara mengkombinasikannya.Bisa melebihi komputer yang super canggih.Otak manusia ini memang lebih canggih dibanding komputer.Kenapa kita tidak mampu memanfaatkannya ?

Kebanyakan manusia merasa malas untuk berpikir.Berpikir merupakan kegiatan membosankan.Toh sudah ada yang melakukannya.Apalagi tidak ada pengetahuan yang diparkir diotak,proses berpikir menjadi sesuatu yang memanaskan otak saja.Mendidih dan bikin rambut rontok.Tidak heran banyak profesor menjadi botak.Untuk menghindari panasnya otak sebenarnya ada caranya,yaitu saat berpikir minumlah air sebanyak-banyaknya.

Cara agar dapat mengurangi kelelahan saat berpikir,hendaknya setiap gagasan yang muncul dicatat diluar otak.Bisa pada buku harian atau dimasukkan kekomputer.Pencatatan akan menghindari keruwetan otak.Catatan akan menjadi memori diluar otak yang efektif.Tidak perlu melakukan kerja ekstra harus menyimpan begitu banyak ide yang muncul.
Tulislah ide terlebih dulu.Kelompokan kedalam kategori-kategori tertentu.Agar suatu saat dapat ditemukan dengan cepat.Dengan komputer akan jauh lebih mudah menyimpan ide yang muncul.Setiap saat dapat dicari dengan cepat dan memudahkan kerja mata.Biasanya kalau dicatat dalam buku tulisannya asal coret,dan menyulitkan saat membaca.

Tanpa penyimpanan informasi diluar tubuh,dikhawatirkan akan hilang seiring berbagai macam pikiran yang muncul.Informasi yang disimpan diotak sebaiknya informasi yang sangat penting saja.Informasi itu berkaitan dengan interes keinginan yang dominan.Otak hanya disuruh memprosesnya saja.Tidak disuruh menyimpan memori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenius itu tidak selalu.......

Saya lirik tentang postingan populer blog ini adalah tentang JENIUS.Pembacanya ternyata banyak dari benua Amerika.....wow. Memang menari...