Senin, 27 September 2010

Agama Adalah Naluri Dasar Manusia

Agama menurutku Adalah sebuah konsep yang mengakomodir potensi kerinduan manusia pada dunia metafisik[alam malakut dan jabarut].Agama memerintahkan pengikutnya melakukan laku spiritual seperti upacara-upacara,persembahan.Ritual persembahan itu berupa persembahan hewan,tanaman hasil bumi,bahkan persembahan nyawa manusia itu sendiri.

Kita bisa melihat setiap ada upacara pasti ketiga jenis persembahan tersebut selalu ada.Bentuk pengorbanan yang berasal dari miliknya sendiri yang paling berharga.Kalau tidak berupa hasil bumi ya hasil ternak.Bahkan ada yang mengorbankan jiwa dari orang yang paling disayanginya.Kita mungkin mendengar cerita adanya pengorbanan gadis perawan kepada dewa-dewa dengan cara dibunuh,dibakar atau sekedar diminta darahnya sedikit.

Maka...Alloh menurunkan satu juklak pada manusia agar semua potensi ritual manusia tersebut tidak salah sasaran.Tidak terjerumus pada persembahan yang keliru.Persembahan yang tidak kena sasaran.Persembahan yang mbadzir.

Agama Islam meluruskan potensi keagamaan manusia dengan meluncurkan produk paket ritual yang sangat indah dan bermanfaat.Ada perintah zakat yang mengakomodir bentuk persembahan hasil bumi.perintah berkurban yang menggantikan persembahan hewan ternak sekaligus persembahan jiwa.

Kemudian...ada laku spiritual yang mengakomodir ritual penghambaan manusia pada sang Pencipta..yakni sholat,puasa dan haji.Bukankah kita sering melihat laku penghambaan berupa tarian-tarian aneh yang dilakukan bersamaan dengan persembahan hewan dan tanaman ?

Disamping itu agama mengakomodir bentuk-bentuk baiat pengakuan,inisiasi,dalam laku spritual berupa pembacaan Syahadat.Serta do'a-do'a yang benar.

Bentuk persembahan manusia diseluruh dunia mempunyai unsur kesamaan pada laku pelaksanaannya.Baik jaman dahulu maupun jaman sekarang.Potensi kerinduan spiritualitas itulah yang diatur oleh Alloh.Kita hanya diminta untuk melakukan apa yang dikeendakiNYa.Apa yang diridloi olehNYA.Walaupun bentuk ritualnya hampir sama kalau bukan dari ALLOH tidak akan diterima.IIni adalah hak prerogatifNYA.

Benih-benih agama tertanam secara otomatis pada diri manusia.Seorang Atheispun mengakui adanya TUHAN..walau dalam bentuk penolakan.Ia menolak TUHAN bukan tidak mengetahui TUHAN.

Ah sudahlah...kebanyakan nulis malah mumet.Tapi memang sudah habis ide yang berkaitan dengan postingan kali ini.[merendah untuk meninggikan mutu]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenius itu tidak selalu.......

Saya lirik tentang postingan populer blog ini adalah tentang JENIUS.Pembacanya ternyata banyak dari benua Amerika.....wow. Memang menari...