Sabtu, 06 November 2010

Latihan Neurobic

Neurobics adalah latihan Otak
Istilah ini diciptakan oleh Lawrence Katz dan Manning Rubin untuk menggambarkan latihan yang membantu otak tetap segar.

Beberapa jenis tertentu berupa rangsangan sensorik dan kegiatan, terutama yang melibatkan tindakan non-rutin dan pikiran, menghasilkan lebih banyak cairan kimia yang mendorong pertumbuhan dendrit baru dan neuron di otak. Ini adalah tidak rutin dari kegiatan yang biasa anda lakukan.
Rutinitas menjadi otomatis ketika sebagian tindakan yang dilakukan tidak sadar (pernah bangun di pagi hari dan berjalan ke kamar mandi sebelum Anda benar-benar sadar?).otomatis secara tidak sadar tindakan tersebut membutuhkan aktivitas kurang dalam otak, dan latihan kurang.

Beberapa latihan NEUROBIC,lakukan beberapa latihan berikut:

1. Lakukan kegiatan dengan melibatkan beberapa panca indera.

2. Konsentrasilah dengan sepenuh hati beberapa menit.

3. Anda istirahat dalam acara yang menurut anda sangat penting.

Neurobics tidak perlu rumit, atau mengharuskan Anda menyediakan waktu khusus.Bahkan, jika mengikuti pedoman di atas, banyak latihan otak sederhana dapat dilakukan sambil bekerja seperti biasa.

Contoh Dari Neurobics
Menghabiskan waktu di sebuah lingkungan baru .Pergi ke taman baru, atau sebuah toko baru,. Travel by the way,bisa memperlambat usia pikun anda.Cobalah menghirup Bau di pagi hari. Apakah bau baru, seperti menghirup bau mint di pagi hari, untuk"membangunkan" otak Anda.

Mandi dengan mata tertutup. Indera menjadi lebih aktif ketika bisa Anda tidak melihat dan mandi melibatkan dengan beberapa indera.

Coba menyikat gigi dengan tangan lain Anda
. Hal ini sulit bagi sebagian orang, dan membutuhkan perhatian penuh saat pertama kali Anda mencobanya.

Pernah perhatikan bagaimana Anda merasa berbeda saat Anda mengenakan pakaian yang berbeda? Anda mungkin berpikir secara berbeda juga. Cobalah.

Belajar membaca huruf braille,. Ini adalah sesuatu yang sulit belajar membaca dengan jari Anda yang melibatkan salah satu indera Anda dalam konteks baru.

Menanggapi situasi dengan cara berbeda.Camkan dalam diri anda bahwa sebagian besar orang tidak sadar merespon terhadap situasi normal, dan memilih untuk merespon dengan cara (dan sebaiknya lebih baik) yang berbeda.
Ini tidak memperpanjang lika liku,hanya sedikit berbeda dalam menanggapi satu hal. Anda bahkan dapat menemukan cara yang lebih cepat untuk bekerja setelah Anda istirahat rutin Anda.

Bertindak dengan penuh percaya diri. Dalam situasi Anda tidak yakin tentang sesuatu,cobalah bangkitkan rasa percaya diri. Anda akan melihat bahwa pikiran Anda menjadi sangat aktif setelah Anda menerapkan asumsi bahwa Anda akan tahu apa yang harus dilakukan.

Bedakan koin hanya menggunakan indera peraba. ini latihan otak sebagai cara untuk membunuh waktu ketika menunggu janji.Jika Anda benar-benar ingin tantangan, lihat apakah Anda dapat membedakan denominasi mata uang kertas oleh sentuhan.

Biarkan lampu di rumah anda menyala.Cobalah temukan sesuatu disekitar rumah.Hal ini tentu sepenuhnya melibatkan perhatian Anda,melibatkan indera perasa anda, tapi hati-hati tentu saja.Jangan sampai kejedot lemari

Cobalah cara sederhana di atas (perhatian penuh, menggunakan indra dalam konteks baru, istirahat rutin Anda), dan Anda bisa mempraktekan neurobics tersebut dengan rutin.Lakukan sambil Bersenang-senang saat latihan-latihan otak tersebut -sebab bersenang-senang biasanya akan menguatkan perhatian Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenius itu tidak selalu.......

Saya lirik tentang postingan populer blog ini adalah tentang JENIUS.Pembacanya ternyata banyak dari benua Amerika.....wow. Memang menari...