Sabtu, 31 Juli 2010

Persepsi tentang Jenius

Bila mendengar kata yang satu ini persepsi kita bisa dikatakan sama.Dalam pikiran termuat terminologi tentang jenius itu seperti apa.Yakni orang yang luar biasa pandai.Sedang terminologi yang baku tentang Jenius adalah :satu istilah untuk menyebut kapasitas manusia diatas rata-rata dibidang intelektual terutama yang ditunjukan dengan hasil kerja kreatif dan orisinil.Jenius selalu menunjukan individualitas dan imajinasi yang kuat,tidak hanya cerdas tapi juga unik dan kreatif. Dalam terminologi ini orang jenius mempunyai IQ diatas 140.Mampu melakukan pekerjaan yang mestinya dilakukan oleh orang diatas umurnya sendiri.

Menurut penulis Jenius tidak terbatas dengan pengertian diatas.Tidak terbatas pada orang dengan IQ 140,tapi jenius juga bisa disematkan pada setiap orang dengan keadaan masing-masing.Sebab jenius juga berarti improvisasi naluriah manusia.Yakni bagaimana manusia mampu beradaptasi pada persoalan yang dihadapi..Bagaimana manusia melakukan tindakan spontan saat berhadapan dengan masalah..Baik yang terlihat rumit atau tidak.Semua berjalan atas dasar adaptasi spontan.Bukankah semua orang sudah pernah melakukaknnya ?

Orang jenius tidak selalu dipredikatkan pada orang yang punya kemampuan ilmu eksak semata.Ilmu yang menyuguhkan rumus-rumus numerik yang pelik.Atau identik dengan orang yang berkutat dengan gelas-gelas laborat di gedung-gedung penelitian ilmiah.Pengertian jenius sebenarnya sangat luas dan fleksibel.

Kita mungkin pernah mendengar sebutan jenius pada seorang pesepak bola terkenal.Ia disebut jenius karena mampu menampilkan seni sepak bola yang lain dari kebanyakan pemain bola.Atau sebutan jenius untuk pemain musik,tokoh politik dan lain sebagainya.Dari situlah pengertian jenius didiversifikasi tidak hanya untuk orang yang pandai dalam ilmu eksak semata.Namun bidang lain yang terlihat luar biasa.
Orang jenius adalah orang yang mempunyai akal elastis.Saat menghadapi persoalan tidak cepat menyerah dan selalu mencari alternativ jalan pemecahan.Mampu melakukan tindakan cepat ketika dihadapannya terpampang persoalan.Baik persoalan secara umum maupun persoalan dilokal tanggung jawabnya dalam pekerjaan.

Si jenius adalah orang yang mampu menghadirkan sudut pandang berbeda hingga tak pernah menemui jalan buntu..Sudut pandangnya banyak.Amunisi kaidah kemungkinannya berlimpah.Tipe seperti ini tidak melulu dimiliki oleh orang yang berkutat dengan rumus matematik ansich.Siapa saja bisa memilikinya.

Saat seseorang memandang bahwa jenius adalah orang seperti Einstein, bisa terjadi orang tersebut berhenti tidak melakukan apa-apa. Padahal dirinya memiliki ide cemerlang. Sedang Idenya itu berkaitan dengan hal-hal eksak .Mereka merasa tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya dikarenakan ada handycap tidak bisa ilmu pasti.

Bila tidak memahami ilmu pasti seseorang bisa meminta bantuan pada orang yang pandai ilmu tersebut.Tindakan ini juga bisa dikategorikan tindakan jenius.Memanfaatkan kepandaian orang lain untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya.Naluri elastisnya bertindak cepat manakala berhadapan dengan sesuatu yang tidak dikuasainya.Improvisasi naluriahnya berjalan.Tidak menyerah saat menemui masalah .

Kita lihat contoh nyata yang terjadi pada diri Edison.Saat ia menemukan ide membuat Gramaphone,Edison membuat gambar cetak birunya.Dicatat pula arahan-arahan cara membuatnya dengan detil.Kemudian ia menyerahkan pengerjaanya pada tukang yang mampu membuat perkakas.Edison tidak membuat sendiri.Ia tidak mampu melakukan pekerjaan membentuk logam menjadi benda.Ia bukan ahli perkakas.
Bayangkan bagaimana kalau Edison berpikir linier, tidak bisa membuat perkakas lalu berhenti tidak melanjutkan penemuannya.Gramaphone tidak akan pernah diketemukan oleh Edison.Mungkin akan ditemukan oleh orang lain.
Ada banyak orang yang sebenarnya menemukan ide tentang pembuatan sesuatu tapi tidak pernah dikerjakan,gara-gara berpikirnya linier.Ia berpikir temuannya harus dia yang mengerjakan,sedang dirinya tidak bisa ilmu teknis.Berhentilah saat itu juga.Ia tidak menyerahkan pada orang lain untuk mengerjakan.Idenya hanya disimpan saja.

Predikat jenius pada seseorang diterapkan setelah ia mampu menyelesaikan sebuah karya.Antara jenius dan tidak tergantung hasil ahir.Seseorang akan disebut jenius bila telah melakukan pekerjaan dengan cerdas.Sebutan jenius bukan dijustifikasi sebelum melakukan kerja.Menyebut untuk dirinya sendiri tidak jenius sebelum melakukan sesuatu adalah keliru.

Satu contoh lagi untuk menggambarkan bahwa orang jenius itu pikirannya fleksibel.Penemu pesawat terbang Wright bersaudara tidak mengerjakan sepenuhnya hasil rancangan pesawatnya.Ia dibantu oleh tukang-tukang dalam menyelesaikan pekerjaannya.Jangan berpikir kalau para penemu itu mengerjakan sendiri idenya.Mereka kebanyakan membuat rancangannya saja.Hanya menggambar sketnya .Atau menulis idenya dan menyuruh orang lain untuk membuat dengan arahan-arahannya.

Anda kira seorang arsitek mampu memasang batu bata secara mahir ? Jawabannya tidak.Mereka hanya pandai merancang dan tidak pandai secara teknis melakukan kerja seperti memasang batu bata.Ia menyuruh orang lain melakukan pekerjaannya.Suruh para arsitek memasang keramik pasti tidak mahir.
Memanfaatkan kepandaian orang lain untuk membantu pekerjaan kita adalah tindakan jenius.Tipe seperti ini ada pada para pemimpin baik pemimpin negara atau pemimpin perusahaan.Mereka jenius dalam kategori mengelola potensi orang lain.Kepandaian seperti ini tidak semua orang bisa.Perlu keahlian tersendiri yang tidak bisa dipelajari semua orang.Walaupun ada teori-teori kepemimpinan yang baku,namun kepandaian memimpin adalah kepandaian yang sifatnya khusus.Kelihatannya sepele tinggal menyuruh ini dan itu.Tapi kalau tidak punya kharisma sulit untuk melakukannya.Kepandaian ini juga dikategorikan jenius.

Paradigma kita tentang jenius sudah terkoptasi hanya pada hal-hal yang berbau teknologi atau teknik.Hanya pada bidang-bidang yang melibatkan rumus-rumus matematik yang rumit.Tidak pernah disinggung bidang lain yang juga berkonstribusi nyata pada kehidupan manusia.Semisal makanan yang kita makan.Minuman yang diminum dan lain-lain.Coba kita bayangkan dahulu kala saat nenek moyang kita pertama kali memutuskan memakan nasi.Nasi berasal dari tumbuhan sereal yang gatal itu dijadikan makanan.Kalau berpikir sekarang memang tidak aneh ,karena sudah ditemukan.Coba kita membayangkan waktu dahulu.Orang yang punya ide memakan biji kecil yang gatal itu bisa dikategorikan jenius.

Tindakan jenius ada pada semua bidang.Pengertiannya adalah menemukan manfaat dari sesuatu,menciptakan manfaat pada benda,merekayasa kemanfaatan pada benda,atau menggabungkan manfaat benda satu dengan yang lain menghasilkan manfaat baru.Itu yang dinamakan manajemen Potensi kemanfaatan.
Pembatasan arti jenius hanya pada hal-hal khusus adalah persepsi yang tidak jenius.Batasan pengertian yang kaku hanya akan memenjarakan kreatifitas.Sedang kreatifitas tidak mengenal batas.Silahkan melakukan apa saja untuk membuat manfaat pada sesuatu. Membuka ketidak mungkinan menjadi sesuatu yang nyata.Beri ruang kebebasan pada kreatifitas dengan memperlebar arti jenius.Karena jenius tidak mengenal batasan.

Banyak penemuan pada awalnya tidak terjangkau oleh akal manusia.Berada pada titik pemahaman tidak mungkin.Baru setelah benar-benar ada , manusia mau menerima sebagai keniscayaan.Berarti ruang pengembaraan kreatif melompati batas-batas akal manusia. Sedangkan batas hanya ada dalam pengertian orang tidak jenius.

Jenius menyangkut apa saja yang menyangkut kepentingan manusia. Yang dilakukan oleh anggauta badan.Maka jenius bisa bermacam-macam jenis.Antara lain :
1. Jenius otak:melahirkan ide-ide sains ,yang dimiliki Newton atau Einstein
2. Jenius mata dimiliki oleh para fotografer,pelukis,kameramen.
3. Jenius telinga ada pada pemusik
4. Jenius hidung ada pada para ahli parfum
5. Jenius Tangan ada pada para pengrajin ,pematung,pembuat kerajinan
6. Jenius kaki dan tangan ada pada olahragawan,penari .

Pengertian jenius yang luas akan merubah sudut pandang buat semua orang. Terutama mereka yang sedang menekuni bidang tertentu.Mereka bisa menjadi jenius dengan keadaannya.Dengan pengertian jenius yang luas, diharapkan akan menjadi lebih kreatif lagi.
Pada dasarnya semua orang membutuhkan apresiasi yang tinggi terhadap pekerjaannya.Apresiasi akan mendorong ego mereka berbuat lebih baik bahkan lebih gila lagi.Ahirnya menghasilkan karya yang luar biasa.Mengapresiasi dengan kata jenius termasuk mendorong seseorang untuk berbuat lebih banyak lagi.

Kecerdasan manusia sebenarnya bermacam-macam.Seluruh aktifitas manusia dilakukan karena memiliki kecerdasan relatif.Kecerdasan sesuai dengan keadaan masing-masing individu.Kecerdasan mempunyai ragam bentuk yang bermacam-macam.Sesuai dengan apa yang dimiliki pada badan manusia.

Menurut Howard Gardner dari Harvard,Kecerdasan dapat dibagi menjadi 9 :
• 1.Kecerdasan Bahasa,yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan kata dan bahasa.Dimiliki oleh para orator,penyiar dan penyair serta penulis.

• 2.Kecerdasan logika matematik,berkaitan dengan angka dan pemecahan masalah.

• 3.Kecerdasan Spasial,kecerdasan yang berkaitan dengan gambar dan visual,yang dimiliki oleh sutradara,desainer.

• 4.Kecerdasan Musik,kepekaan terhadap nada dan bunyi.

• 5.Kecerdasan Kinestetik,kecerdasan yang berkaitan dengan gerak tubuh ,ini dimiliki oleh atlit ,penari.

• 6.Kecerdasan Interpersonal,yakni kecerdasan yang berkaitan dengan kegiatan dalam masayarakat.Dimiliki oleh para politikus,pekerja sosial dan psikolog.

• 7.Kecerdasan Intrapersonal,yakni kecerdasan yang berkaitan dengan pemahaman diri sendiri.Dimiliki oleh pakar spiritual,penulis,dan konsultan.

• 8.Kecerdasan Naturalistik,yakni kecerasan yang berkaitan dengan alam .Dimiliki oleh ahli biologi,pecinta alam,pencinta lingkungan,pendaki gunung.

• 9.Kecerdasan Eksistensial,yaitu kecerdasan yang berkaitan dengan pemahaman diri sendiri dengan alam sekitar.Dimiliki oleh filosuf dan seniman.

Kenapa kecerdasan itu bermacam-macam ?. Karena setiap tindakan yang dilakukan manusia dimulai didalam otaknya.Tindakan apapun adalah hasil dari kerja otak dikepala.Otaklah yang mengatur bagaimana sebuah tindakan dapat terjadi dengan akurat.Tindakan apapun merupakan hasil karya otak yang cerdas.

Kesimpulan: tindakan apapun patut dimaknai sebagai sebuah kecerdasan manusia.Walau itu tindakan kriminal sekalipun.Semua bisa dinamakan jenius .Tidak ada strata atau kelas dalam memaknai seseorang itu jenius atau tidak.Semua orangbisa menjadi jenius dengan pekerjaan dan kegiatannya masing masing.Lakukanlah apa yang ada didepanmu dengan sepenuh hati makan disuatu hari anda akan dibilang jenius.

Bila didepan anda Cuma ada cangkul,olahlah tanah dan tanamilah dengan sayuran atau buah-buahan.Siapa tahu kelak jadi pengusaha Agrobisnis.Bila Didepan anda Cuma ada sayur-mayur dan pisau,potong dan masaklah menjadi makanan,siapa tahu kelak menjadi pengusahan makanan.Kalau didepan anda Cuma ada kertas dan balpoint,tulislah kalimat-kalimat siapa tahu kelak menjadi pengarang buku best seller.Didepan anda tidak ada apa-apa,ngomonglah sendiri siapa tahu kelak jadi orator atau ahli pembicara.Anda tidak perlu kecil hati tidak punya bakat apapun yang menonjol,karena sukses bukan dari bakat tapi dari kenekadan seseorang.Berani mengaktualisasikan diri dengan keadaan apapun pada dirinya.

Ingatlah kata-kata bijak dari Jonathan Swiff : Kita bukan dibatasi oleh kemampuan fisik(bakat) tapi kita dibatasi oleh visi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jenius itu tidak selalu.......

Saya lirik tentang postingan populer blog ini adalah tentang JENIUS.Pembacanya ternyata banyak dari benua Amerika.....wow. Memang menari...